Disclosure

Assalamu’alaikum,

Achmad Syauqi, biasa dipanggil Qi, lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, telah mengawali debut sebagai Ghostwriter sejak di bangku Sekolah Menengah Atas. Tanpa disadari, kegemarannya membantu penyelesaian tugas-tugas penulisan karya ilmiah teman-teman satu sekolah, serta penyempurnaan teks-teks latihan pidato di pesantren tempat Penulis tinggal semasa menempuh pendidikan SMA ternyata merupakan cikal bakal aktifitas menulisnya.

Kegemaran menganalisa dan menuangkan dalam tulisan bahkan menempatkan cukup pada peringkat ke-6 dari 10 nominasi Siswa SMA Teladan se-Kabupaten Banyuwangi Tahun 1996, serta juara I lomba pidato Bahasa Inggris tingkat Pesantren se-Kabupaten Banyuwangi Tahun 1997 dan 1998, yang berlanjut hingga ke bangku Perguruan Tinggi dengan menjuarai Terbaik I Lomba Penulisan dan Presentasi Essai Mahasiswa Tahun 2002. Sejak itulah secara tidak serius aktifitas Ghostwriting mulai dijalani sebagai sebuah jasa. Tidak serius karena, di daerah, kebutuhan terhadap jasa Ghostwriter masih sangatlah kurang, bahkan masyarakat cenderung tidak mengenalnya sebagai profesi. Dari segi penghargaan intelektual maupun finansial.

Meski demikian ketelatenan dalam bergaul dengan para klien, mengantarkan pria penyuka jalan-jalan dan film fiksi ilmiah pada lingkaran politik lebih jauh, yakni dengan direkrut sebagai Anggota Tim Ahli (istilah dalam perundang-undangan adalah Asistensi) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Banyuwangi untuk Bidang Pemerintahan dan Legislasi pada tahun 2007. Ini adalah awal karir yang ditekuni secara serius. Tertarik untuk lebih mendalami perilaku politik praktis, Penulis memutuskan menolak memperpanjang kontrak, memilih bergabung menjadi pengurus harian tingkat kabupaten salah satu partai politik sekaligus menjadi kontestan Pemilihan Umum Anggota DPRD periode 2009-2014, dan Terpilih!

Kini memutuskan meninggalkan politik praktis, Penulis terus berupaya mengembangkan kemampuan, mempelajari hal-hal baru dan menekuni habitat analisis dan menulis secara bebas (freelance) dan profesional.

Bukankah tidak ada hal terindah untuk kita lakukan, selain perbuatan baik yang bermanfaat bagi orang lain dan diri kita sendiri? Semuanya bisa berawal dari menulis!

Wassalamu’alaikum.